Kesehatan

Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan Kering

Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan Kering

Apa Itu Luka Gangren ?

Gangrene adalah sejenis nekrosis yang disebabkan oleh suplai darah yang tidak mencukupi. Kondisi yang berpotensi mengancam jiwa ini dapat terjadi setelah cedera atau infeksi, atau pada orang-orang yang menderita masalah kesehatan kronis yang mempengaruhi sirkulasi darah. Penyebab utama gangren adalah mengurangi suplai darah ke jaringan yang terkena, yang menyebabkan kematian sel. Diabetes dan merokok jangka panjang meningkatkan risiko gangren.

Gangren bukan penyakit menular; Itu tidak menyebar dari orang ke orang, meskipun infeksi yang terkait dengan beberapa bentuk bisa. Jenis gangren berbeda dalam gejala, dan termasuk gangren kering, gangren basah, gangren gas, gangren internal, dan fasciitis nekrosis. Pembedahan bedah jaringan gangren dan antibiotik merupakan pengobatan utama bagi gangren. Setelah gangren diobati, penyebab utamanya ditangani. Ini termasuk modifikasi gaya hidup seperti penghentian merokok, kontrol diabetes yang lebih baik, revaskularisasi atau, jarang, terapi medis untuk menghentikan kejang vaskular atau produksi obstruksi vaskular akibat dingin oleh krioglobulin yang diendapkan dengan dingin.

Baca juga: Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua Jenis.

Lalu Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan Kering ?

Luka Gangren Basah

Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan KeringGangren basah (juga kadang-kadang disebut “lembab”) adalah jenis gangren yang paling berbahaya karena jika tidak diobati, pasien biasanya mengalami sepsis dan meninggal dalam beberapa jam atau hari. Gangren basah diakibatkan oleh infeksi yang tidak diobati (atau tidak diobati) di tubuh dimana suplai darah lokal telah berkurang atau dihentikan oleh pembengkakan jaringan, produksi gas di jaringan, racun bakteri, atau semua faktor ini dalam kombinasi. Selain itu, kondisi yang membahayakan aliran darah seperti luka bakar atau trauma vaskular (misalnya luka pisau yang memotong aliran arteri) bisa terjadi lebih dulu. Kemudian daerah yang dikompromikan secara lokal menjadi terinfeksi, yang dapat menyebabkan gangren basah. Gangren basah adalah jenis yang paling sering dipikirkan saat istilah gangren digunakan. Gangren basah sering menghasilkan cairan oozing atau nanah, maka istilah “basah.” Tahap awal gangren basah bisa termasuk tanda-tanda infeksi, nyeri pada bengkak, warna kulit kemerahan atau penampilan blanched jika daerah tersebut naik di atas tingkat jantung, kesejukan pada permukaan kulit, ulserasi, dan sensasi yang retak saat kulit berada. Ditekankan karena gas di tisu. Tahapan ini bisa berkembang dengan cepat selama berjam-jam sampai berhari-hari.

Luka Gangren Kering

Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan KeringGangren kering, jika tidak terinfeksi dan berkembang menjadi gangren basah, biasanya tidak menyebabkan sepsis atau menyebabkan pasien meninggal. Namun, bisa mengakibatkan jaringan lokal mati dengan jaringan akhirnya terbelenggu. Biasanya, perkembangan gangren kering jauh lebih lambat (hari ke bulan) daripada gangren basah karena kompromi vaskular perlahan berkembang karena perkembangan penyakit yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri lokal dari waktu ke waktu. Tahapannya mirip dengan gangren basah (lihat di atas), kecuali tidak ada infeksi, nanah, kelembapan, atau kulit yang meremas karena tidak ada produksi gas di jaringan yang tidak terinfeksi. Ada banyak penyakit yang bisa menyebabkan gangren kering; Yang paling umum adalah diabetes, arteriosklerosis, dan kecanduan tembakau ( merokok ). Seringkali, gangren kering dapat terjadi dengan cepat, beberapa jam sampai beberapa hari, saat terjadi penyumbatan arteri yang cepat (misalnya, gumpalan darah arteri tiba-tiba menutupi arteri kecil ke jari kaki). Gangren kering sering menghasilkan pelengkap yang dingin, kering, dan berubah warna (kadang-kadang disebut “mumi”) tanpa cairan atau nanah yang mengalir, karena itu istilah “kering”.

Ternyata luka gangren basah dan kering itu memiliki perbedaan masing masing, dan itulah penjelasan diatas tentang perbedaan antara luka gangren basah dan luka gangren kering, semoga pembahasan artikelnya bermanfaat untuk semua dan salam sehat.

Posted by: www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan Kering ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *