Kesehatan

Apa Yang Menyebabkan Lambatnya Penyembuhan Luka Diabetes

Apa Yang Menyebabkan Lambatnya Penyembuhan Luka Diabetes

Luka yang memakan waktu lebih dari beberapa minggu untuk sembuh mungkin terinfeksi dan memerlukan perawatan medis, dan seringkali menandakan penyakit yang mendasari seperti diabetes.

Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak menggunakan gula secara efektif. Diperkirakan pada orang yang menderita diabetes, sekitar 15 persen penderita diabetes akan mengalami ulkus kaki di beberapa titik. Ulkus kaki adalah luka yang paling umum untuk populasi penderita diabetes.

Apa Yang Menyebabkan Lambatnya Penyembuhan Luka Diabetes ?

Apa Yang Menyebabkan Lambatnya Penyembuhan Luka Diabetes

Saat Anda mendapatkan luka pada kulit, tubuh Anda memulai proses tiga tahap untuk memperbaiki kulit yang rusak.

  • Pertama, respon imun menyebabkan luka menjadi meradang untuk mencegah infeksi.
  • Kedua, sel baru (sebuah keropeng) terbentuk di atas luka, dan akhirnya jaringan parut terbentuk untuk menyembuhkan luka.
  • Beberapa luka sembuh dengan mudah sementara yang lain bisa memakan waktu lebih lama, terutama jika mereka parah atau individu memiliki keadaan kesehatan yang buruk.

Individu dengan diabetes sering mengalami penyembuhan luka yang lambat atau terbatas. Sel progenitor endothelial (EPCs), yang berasal dari sumsum tulang, biasanya melakukan perjalanan ke tempat-tempat cedera dan sangat penting untuk pembentukan pembuluh darah dan penyembuhan luka.

Seperti yang dilansir oleh woundcarecenters.org : Penyembuhan luka bisa diperlambat pada penderita diabetes. Poin penting yang perlu diingat tentang luka pada pasien diabetes adalah penyembuhannya perlahan dan bisa memburuk dengan cepat, jadi memerlukan pemantauan ketat.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka pada pasien diabetes, dan mungkin diantaranya termasuk:

Tingkat Glukosa Darah

Semuanya dimulai di sini. Kadar gula darah yang tinggi menegang pada arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Efeknya jauh dan mencakup asal luka serta faktor risiko penyembuhan luka yang tepat.

Sirkulasi Yang Buruk

Penyempitan pembuluh darah yang beruntun menyebabkan penurunan aliran darah dan oksigen ke daerah luka. Kadar gula darah yang meningkat pun dapat menurunkan fungsi sel darah merah yang membawa nutrisi ke jaringan. Ini menurunkan efisiensi sel darah putih yang melawan infeksi. Tanpa nutrisi dan oksigen yang cukup, luka sembuh dengan perlahan.

Neuropati Diabetik

Bila kadar glukosa darah tidak terkontrol, saraf di tubuh terpengaruh dan pasien pun bisa mengalami kehilangan sensasi. Ini disebut neuropati diabetes. Bila ada kehilangan sensasi, pasien tidak dapat merasakan adanya luka lecet, infeksi atau luka operasi. Karena penderita diabetes mungkin tidak dapat merasakan adanya perubahan status luka atau luka yang sebenarnya, tingkat keparahannya bisa berkembang dan mungkin ada komplikasi dengan penyembuhan.

Sistem Kekebalan Tubuh

Diabetes menurunkan efisiensi sistem kekebalan tubuh, sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi. Tingkat glukosa yang tinggi menyebabkan sel kekebalan berfungsi tidak efektif, yang meningkatkan risiko infeksi pada pasien. Studi menunjukkan bahwa enzim dan hormon tertentu yang diproduksi tubuh sebagai respons terhadap peningkatan kadar gula darah bertanggung jawab untuk berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Infeksi

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang berfungsi, penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan infeksi. Infeksi menimbulkan banyak masalah kesehatan dan juga memperlambat proses penyembuhan luka secara keseluruhan.

Waktu tidak diobati, infeksi dapat meningkatkan risiko pengembangan gangren, sepsis atau infeksi tulang seperti osteomielitis. Menurut statistik, diabetes adalah alasan nomor satu untuk amputasi anggota badan.

kerutan.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Luka Diabetes ?

Lalu Apa Yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Kesembuhan Luka Pada Penderita Diabetes ?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pasien untuk memperbaiki penyembuhan luka. Yang terpenting adalah mengontrol kadar gula darah.

Maka dari itu, mulai dari sekarang perhatikan kesehatan, pola makan dan gaya hidup Anda agar tidak memiliki penyakit diabetes. Dan bagi yang mempunyai penyakit diabetes, perhatikan dan periksa secara rutin perkembangan penyakit nya.

Dan itu lah beberapa penjelasan tentang beberapa faktor yang menyebabkan lama dalam penyembuhan luka pada penderita diabetes. Semoga bermanfaat dan salam sehat untuk semua.

Posted by: www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Apa Yang Menyebabkan Lambatnya Penyembuhan Luka Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *