Artikel Kesehatan / Kesehatan

Apakah Apel Mempengaruhi Diabetes dan Tingkat Gula Darah

Apakah Apel Mempengaruhi Diabetes dan Tingkat Gula Darah ?

Haruskah Penderita Diabetes Makan Apel ?

Apakah Apel Mempengaruhi Diabetes dan Tingkat Gula Darah

Apel adalah buah yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda jika Anda menderita diabetes. Sebagian besar pedoman diet untuk penderita diabetes merekomendasikan diet yang mencakup buah dan sayuran.

Apel yang lezat, bergizi dan enak dimakan. Studi telah menunjukkan bahwa mereka memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, apel juga mengandung karbohidrat, yang berdampak pada kadar gula darah.

Namun, karbohidrat yang ditemukan dalam apel mempengaruhi tubuh Anda secara berbeda dari pada gula yang ditemukan dalam makanan cepat saji.

Baca juga: Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus.

Apakah Apel Mempengaruhi Diabetes dan Tingkat Gula Darah ?

Apakah Apel Mempengaruhi Diabetes dan Tingkat Gula Darah

Apel Berkarbohidrat dan Mengisi

Apel adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Mereka juga sangat bergizi. Padahal, apel mengandung vitamin C tinggi, serat dan beberapa antioksidan. Satu apel sedang mengandung 95 kalori, 25 gram karbohidrat dan 14% dari nilai harian untuk vitamin C.

Menariknya, sebagian besar nutrisi apel ditemukan di kulitnya yang berwarna-warni. Selanjutnya, apel mengandung sejumlah besar air dan serat, yang membuatnya mengherankan. Anda mungkin akan puas setelah makan hanya satu.

Intinya Apel adalah sumber serat, vitamin C dan antioksidan yang baik. Mereka juga membantu Anda merasa kenyang tanpa banyak mengkonsumsi kalori.

Apel Mengandung Karbohidrat, Serta-Serat

Jika Anda menderita diabetes, perhatikan asupan karbohidrat Anda penting. Itu karena ketiga macronutrients – karbohidrat, lemak dan protein – karbohidrat paling mempengaruhi kadar gula darah Anda.

Tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Sebuah apel medium mengandung 25 gram karbohidrat, tapi 4,4 di antaranya adalah serat.

Serat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, menyebabkan mereka tidak menaikkan kadar gula darah Anda hampir sama cepatnya.

Studi menunjukkan bahwa serat melindungi terhadap diabetes tipe 2, dan bahwa banyak jenis serat dapat memperbaiki kontrol gula darah.

Intinya Apel mengandung karbohidrat, yang bisa menaikkan kadar gula darah. Namun, serat dalam apel membantu menstabilkan kadar gula darah, selain memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Apel Cukup Mempengaruhi Tingkat Gula Darah Rendah

Apel mengandung gula, tapi sebagian besar gula yang ditemukan di apel adalah fruktosa. Bila fruktosa dikonsumsi secara keseluruhan, efeknya sangat sedikit pada kadar gula darah.

Selain itu, serat pada apel memperlambat pencernaan dan penyerapan gula. Ini berarti gula memasuki aliran darah secara perlahan dan tidak cepat menaikkan kadar gula darah.

Polifenol , yang merupakan senyawa tanaman yang ditemukan di apel, juga memperlambat pencernaan karbohidrat dan menurunkan kadar gula darah.

Indeks glikemik (GI) dan muatan glikemik (GL) adalah alat yang berguna untuk mengukur seberapa besar makanan mempengaruhi tingkat gula darah. Skor apel relatif rendah pada skala GI dan GL, yang berarti menyebabkan kenaikan kadar gula darah minimal.

Satu studi terhadap 12 wanita obesitas menemukan bahwa kadar gula darah lebih dari 50% lebih rendah setelah mengkonsumsi makanan dengan kadar GL rendah, dibandingkan dengan makanan dengan GL tinggi.

Intinya Apel memiliki efek minimal pada kadar gula darah dan tidak mungkin menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, bahkan pada penderita diabetes.

Apel Dapat Mengurangi Resistensi Insulin

Ada dua jenis diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, pankreas Anda tidak menghasilkan cukup insulin, hormon yang mengangkut gula dari darah ke sel Anda. Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, tubuh Anda memproduksi insulin namun sel Anda resisten terhadapnya. Ini disebut resistensi insulin.

Mengonsumsi apel secara teratur dapat mengurangi resistensi insulin, yang menyebabkan kadar gula darah lebih rendah. Ini karena polifenol dalam apel, yang terutama ditemukan pada kulit apel, merangsang pankreas untuk melepaskan insulin dan membantu sel Anda menyerap gula.

Intinya Apel mengandung senyawa tanaman yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

Sumber: authoritynutrition.com

Ternyata buah apel itu sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat buah apel bagi penderita diabetes.

Posted by: www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Apakah Apel Mempengaruhi Diabetes dan Tingkat Gula Darah ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *