Kesehatan

Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki

Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki

Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki

Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki

Apa Itu Luka Gangren ?

Gangren adalah istilah yang menggambarkan jaringan tubuh yang mati atau sekarat yang terjadi karena suplai darah lokal ke jaringan hilang atau tidak memadai untuk menjaga agar jaringan tetap hidup. Gangren telah dikenal sebagai daerah lokal kematian jaringan sejak zaman kuno. Orang-orang Yunani menggunakan istilah gangraina untuk menggambarkan pembusukan (kematian) jaringan. Meskipun banyak orang awam mengasosiasikan istilah gangren dengan infeksi bakteri, penggunaan medis istilah ini mencakup penyebab yang mengorbankan suplai darah yang menyebabkan kematian jaringan. Akibatnya, seseorang dapat di diagnosis dengan gangren tapi tidak harus “terinfeksi”.

Gangren mengacu pada jaringan tubuh yang mati atau sekarat (s) yang terjadi karena suplai darah yang tidak adekuat. Ada dua jenis utama gangren, gangren basah dan gangren kering. Gangren kering dapat terjadi akibat kondisi yang mengurangi atau menghalangi aliran darah arteri seperti diabetes, arteriosklerosis, dan kecanduan tembakau serta dari trauma, radang dingin, atau cedera.

Gangren basah bisa berakibat dari penyebab yang sama seperti gangren kering tapi selalu termasuk infeksi. Pada beberapa kasus gangren basah, penyebab awalnya dianggap sebagai infeksi.
Pengobatan untuk semua kasus gangren biasanya melibatkan operasi, perawatan medis, perawatan suportif, dan kadang-kadang, rehabilitasi.

Diabetes selanjutnya meningkatkan risiko gangren karena gangren berkembang sebagai komplikasi luka terbuka atau sakit.

Penderita diabetes telah merusak saraf kecil pada tangan dan terutama kaki dan jari kaki yang disebut neuropati perifer. Hal ini membuat mereka kurang peka terhadap luka kecil yang dapat menyebabkan luka terbuka yang rentan terhadap infeksi. Karena gula darah tinggi infeksi ini menolak untuk sembuh dan bisa menyebabkan gangren.

Baca juga: Apa Perbedaan Luka Gangren Basah Dan Kering ?.

Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki

Gejala Luka Gangren

Bila gangren mempengaruhi kulit Anda, tanda dan gejala bisa meliputi:

  • Perubahan warna kulit – mulai dari pucat hingga biru, ungu, hitam, perunggu atau merah, tergantung dari jenis gangren yang Anda miliki.
  • Garis yang jelas antara kulit yang sehat dan rusak
  • Rasa sakit yang parah diikuti oleh rasa mati rasa
  • Cairan berbau busuk bocor dari luka

Jika Anda memiliki jenis gangren yang mempengaruhi jaringan di bawah permukaan kulit Anda, seperti gangren gas atau gangren internal, Anda mungkin memperhatikan bahwa:

  • Jaringan yang terkena bengkak dan sangat menyakitkan
  • Anda demam dan merasa tidak enak badan

Suatu kondisi yang disebut syok septik dapat terjadi jika infeksi bakteri yang berasal dari jaringan gangren menyebar ke seluruh tubuh Anda. Tanda dan gejala syok septik meliputi:

  • Tekanan darah rendah
  • Demam, mungkin, meski suhu juga bisa berjalan lebih rendah dari normal 96,8 F (36 C)
  • Denyut jantung cepat
  • Ringan kepala
  • Sesak napas
  • Kebingungan

Penyeab Luka Gangren

Gangren dapat terjadi karena salah satu atau kedua hal berikut:

  • Kurangnya suplai darah. Darah Anda menyediakan oksigen, nutrisi untuk memberi makan sel Anda, dan komponen sistem kekebalan tubuh, seperti antibodi, untuk mencegah infeksi. Tanpa suplai darah yang tepat, sel tidak bisa bertahan, dan jaringan Anda meluruh.
  • Infeksi. Jika bakteri berkembang tak terkendali lama, infeksi bisa memakan waktu dan menyebabkan jaringan Anda mati, menyebabkan gangren.

Itulah beberapa penjelasan tentang gejala dan penyebab luka gangren pada kaki penderita diabetes.Maka dari itu, untuk penderita diabetes khusus nya, mulai sekarang cegah terjadinya luka dibagian tubuh manapun. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Posted by: www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *