Artikel Kesehatan / Kesehatan

Luka Gangren Bisa Beresiko Dan Berbahaya Jika Tidak Diobati

Luka Gangren Bisa Beresiko Dan Berbahaya Jika Tidak Diobati

Luka Gangren Bisa Beresiko Dan Berbahaya Jika Tidak Diobati

Apa itu Gangren?

Luka Gangren bukanlah penyakit menular. Ini adalah kondisi di mana jaringan hidup (misalnya, kulit, otot, atau tulang) mulai membusuk dan mati karena aliran darah (dan oksigen) ke suatu daerah diblokir atau karena bakteri berbahaya menyerang jaringan tubuh setelah masuk melalui luka atau sakit . Gangren paling sering memengaruhi kaki, jari kaki, tangan, dan jari. Gangren juga bisa terjadi di dalam tubuh di organ perut seperti usus.

Luka Gangren Kering

Gangren kering adalah bentuk gangren yang paling umum, dan paling sering terjadi di kaki penderita diabetes * . Gangren kering terjadi akibat hilangnya suplai darah secara bertahap ke bagian tubuh. Jaringan perlahan mati karena menerima sedikit atau tidak ada oksigen dan nutrisi dari darah, tetapi tidak menjadi terinfeksi. Gejala pertama gangren kering sering mati rasa dan kesemutan di daerah yang terkena. Ini biasanya diikuti oleh rasa sakit yang parah ketika kondisi berlanjut dan jaringan mulai mati, suhu kulit turun, dan warna jaringan berubah, akhirnya menjadi hitam.

Luka Gangren Basah

Gangren basah disebabkan oleh infeksi bakteri dari luka parah atau luka bakar atau karena cedera yang menghancurkan yang menyebabkan darah berhenti mengalir ke bagian tubuh tertentu. Ketika aliran darah berhenti, bakteri mulai menyerang jaringan yang rusak. Pada gangren basah, ada rasa sakit, bengkak, dan lepuhan kulit, dan lukanya mengeluarkan bau busuk. Organisme yang umumnya terlibat dalam gangren basah termasuk Streptococcus (strep-tuh-KAH-kus) dan Staphylococcus (stah-fih-lo-KAH-kus) bakteri. Tanpa perawatan, gangren basah bisa berakibat fatal.

Apakah luka gangren bisa beresiko dan berbahaya jika tidak diatasi dan diobati dengan benar ?

Bahaya Luka Gangren

Jaringan luka gangren yang mati harus diangkat secara operasi dengan prosedur yang disebut debridement (deh-BREED-ment) sehingga luka dapat sembuh dan jaringan baru yang sehat dapat tumbuh. Orang dengan gangren yang disebabkan oleh infeksi bakteri diobati dengan antibiotik. Dalam kasus yang lebih parah, amputasi * jari, jari kaki, atau bagian anggota tubuh mungkin diperlukan. Kadang-kadang pasien dengan gangren dirawat di ruang hiperbarik, di mana mereka terkena oksigen pada tekanan tinggi untuk membantu menyembuhkan jaringan yang terkena.

Hasil untuk gangren biasanya menguntungkan jika kondisi ini diakui dan diobati sejak dini. Pemulihan penuh dan pertumbuhan jaringan baru bisa memakan waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Sepsis, penyebaran infeksi yang berpotensi serius melalui aliran darah dan tubuh, dapat terjadi akibat gangren basah dan gas. Jika tidak ditangani, sepsis dapat menyebabkan syok atau kematian.

Sumber: Organisasi US National Library of Medicine, 8600 Rockville Pike, Bethesda, MD 20894. National Library of Medicine memiliki situs web yang berisi informasi tentang penyakit (termasuk gangren) dan obat-obatan, sumber daya konsumen, kamus dan ensiklopedi istilah medis, dan direktori dokter dan organisasi yang membantu.

Itulah beberapa pengertian dan penjelasan tentang masalah luka gangren, semoga bermanfaat dan salam sehat untuk semua.

Posted by: www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Luka Gangren Bisa Beresiko Dan Berbahaya Jika Tidak Diobati !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *