Kesehatan

Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua Jenis

Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua Jenis

Apa Itu Gangren ?

Seperti yang dilansir pada medicalnewstoday.com: Gangrene adalah kematian kulit dan jaringan lunak akibat berkurangnya suplai darah pembawa oksigen ke daerah yang terkena dampak – seringkali ekstremitas. Sejumlah besar tentara di dua perang dunia memperoleh bentuk gangren paling serius dan menular, dengan lebih dari separuh orang yang meninggal akibatnya. Ini adalah kondisi serius yang bisa berakibat fatal; Gangren harus segera diobati untuk menghentikan penyebaran kematian jaringan sesegera mungkin.

Semua bentuk gangren diakibatkan oleh hilangnya suplai darah ke daerah tertentu – seringkali pada ekstremitas – yang menghilangkan jaringan oksigen dan nutrisi, menyebabkan jaringan mati (nekrosis).

Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua Jenis

1. Gangren Kering

Gangren kering kadang disebut mumifikasi, ini adalah bentuk slow-onset yang paling sering dikaitkan dengan penyakit kronis, termasuk diabetes.

Kulitnya kering dan layu, dan warnanya biasanya gelap, mulai dari coklat hingga ke-unguan dan biru. Gangren kering umumnya disebabkan oleh penyakit pembuluh darah seperti aterosklerosis.

Penyebab Gangren Bentuk Kering

Komplikasi diabetes yang mempengaruhi ekstremitas merupakan faktor risiko gangren.

  • Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua JenisGangren kering vaskular paling sering terjadi karena pembuluh darah yang buruk (arteri dan vena) di kaki dan kaki. Ini biasanya berkembang seiring berjalannya waktu karena kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi .
  • Pembedahan – operasi kadang-kadang dapat mematikan suplai darah sedemikian rupa sehingga menyebabkan gangren. Bentuk ini biasanya kering tapi bisa juga menjadi gangren basah.
  • Penyempitan mekanis – misalnya, gangren dapat terungkap saat tekanan splints dilepaskan. Trauma / luka juga bisa menyebabkan penyempitan mekanis.
  • Luka bakar parah, luka bakar, dan panas dingin, zat kimia, dan dingin (termasuk radang dingin) semuanya dapat menyebabkan gangren kering; Gangren basah bisa berkembang.
  • Penyakit Raynaud – kondisi ini ditandai dengan gangguan sirkulasi ke ujung jari tangan dan kaki, terutama pada cuaca dingin; Raynaud terlibat dalam beberapa kasus gangren.

2. Gangren Basah

Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua JenisGangren basah juga dikenal sebagai gangrene lembab. Kulit membengkak dan melepuh dan tampak “basah”. Mungkin ada nanah.

Hal ini umumnya terkait dengan infeksi jaringan yang mati. Gangren basah bisa berkembang setelah luka bakar parah atau radang dingin.

Terkadang, jenis gangren ini terjadi pada penderita diabetes yang mengalami luka (seringkali di kaki), namun karena kepekaannya berkurang (karena neuropati diabetik ), mereka tidak menyadarinya dan mengobatinya . Gangren basah harus segera diobati karena bisa menyebar dengan cepat dan berakibat fatal.

Gangren gas (juga disebut myonecrosis klostridial ) adalah bentuk gangren basah yang sangat ganas. Kondisi ini terkait dengan luka yang tidak dibersihkan dengan baik dari jenis yang ditemukan dalam perang. Terkadang bisa terjadi akibat operasi.

Penyebab Gangren Bentuk Basah

  • Cidera – luka dalam, menghancurkan, atau menembus yang berkelanjutan dalam kondisi yang memungkinkan infeksi bakteri bertahan dapat menyebabkan gangren. Kondisi seperti ini sering terlihat di zona perang, dan juga di perkeretaapian, mesin, dan kecelakaan jalan jika jaringan yang robek dan memar terkontaminasi kotoran.
  • Penyempitan mekanis – jarang, pembatasan aliran darah disebabkan oleh tekanan dari perban, patah tulang, tumor, dan sebagainya , bisa menyebabkan gangren.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang gangren :

  • Gangren biasanya bersifat eksternal, mempengaruhi ekstremitas, tapi juga bisa mempengaruhi jaringan internal.
  • Gangren paling sering dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti komplikasi diabetes yang parah, atau penyebab akut, seperti jenis cedera tertentu
  • Gangren basah bisa terjadi akibat penyakit kronis jika gangren kering menjadi terinfeksi
  • Komplikasi bedah dapat menyebabkan gangren internal, yang disertai dengan tanda-tanda syok beracun
  • Perawatan yang mendesak penting untuk mencegah penyakit serius dan kematian lebih lanjut dan termasuk pengangkatan jaringan mati atau mungkin amputasi

Baca juga: Luka Menjadi Gangren Mungkin Akan Terjadi Amputasi.

Dengan demikian, penting bagi siapa saja yang memiliki gejala gangren untuk segera mengambil tindakan perawan dan pengobatan yang baik. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Posted by: www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Penyakit Luka Gangren Terbagi Dalam Dua Jenis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *