Artikel Kesehatan / Kesehatan

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus

Gangren biasanya mempengaruhi jari-jari kaki, jari-jari, dan tungkai. Jika Anda menderita diabetes, Anda memiliki peningkatan risiko pengembangan gangren. Orang dengan diabetes mungkin tidak sadar mengembangkan gangren basah setelah mengalami cedera kaki atau kaki minor.

Gangren adalah suatu kondisi yang terjadi saat jaringan tubuh Anda mati. Hal ini bisa terjadi bila aliran darah ke area tubuh terganggu. Seringkali, gangren adalah hasil dari luka atau infeksi pada kulit dan jaringan lunak. Gangren biasanya mempengaruhi jari-jari kaki dan tungkai. Hal ini juga dapat mempengaruhi otot atau organ Anda, tapi ini tidak biasa. Kondisi ini umumnya ditandai dengan kulit yang berubah warna, perasaan mati rasa, dan pembentukan discharge atau nanah yang tidak biasa.

Jika Anda mengalami gangren, Anda harus segera mencari pertolongan dan Perawatan yang mendesak diperlukan untuk menghilangkan jaringan yang mati dan mencegah bakteri menyebar melalui aliran darah Anda. Jika tidak diobati, gangren bisa menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa.

Penyebab Gangren

Darah memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan Anda. Tidak hanya mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda untuk memberi makan sel, ini memberi antibodi melawan penyakit yang melindungi tubuh Anda dari infeksi. Bila darah tidak bisa berjalan bebas ke seluruh tubuh, sel Anda tidak bisa bertahan, infeksi bisa berkembang, dan jaringan bisa mati karena gangren.

Apa Kaitan Antara Diabetes dan Gangren ?

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes MelitusJika Anda menderita diabetes, Anda memiliki peningkatan risiko pengembangan gangren. Kadar gula darah tinggi bisa merusak saraf Anda, yang bisa menyebabkan hilangnya sensasi di daerah yang terkena. Hal ini dapat membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengalami cedera.

Gula darah tinggi juga bisa mempengaruhi pembuluh darah Anda dan membatasi aliran darah ke kaki Anda. Hal ini menyebabkan reaksi berantai. Jika kaki Anda tidak mendapatkan sirkulasi yang cukup, lebih sedikit sel yang melawan infeksi berjalan menuju kaki Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup sel-sel ini di daerah itu, luka yang Anda kembangkan bisa memakan waktu lebih lama untuk sembuh. Luka potensial juga lebih mungkin terinfeksi.

Jika Anda baru saja menjalani operasi atau mengalami luka traumatis, Anda juga memiliki peningkatan risiko pengembangan gangren.

Infeksi ringan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga bisa menjadi lebih serius dan menyebabkan gangren. Sistem kekebalan yang lemah dapat disebabkan oleh:

  • Diabetes
  • Kemoterapi
  • HIV
  • Malnutrisi
  • Gagal ginjal
  • Berusia di atas 60 tahun

Baca juga: Gejala Dan Penyebab Luka Gangren Pada Kaki.

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus

Peringatan Gangren
Jika infeksi gangren masuk ke dalam darah, Anda mungkin mengalami sepsis dan mengalami syok septik. Ini bisa mengancam nyawa jika tidak segera diobati. Gejala sepsis dapat meliputi:

  • Tekanan darah rendah
  • Detak jantung cepat
  • Sesak napas
  • Perubahan suhu tubuh
  • Pusing
  • Badan sakit dan ruam
  • Kebingungan
  • Kulit dingin, lembap, dan pucat

Jika Anda berpikir, Anda atau orang yang dicintai mungkin menderita sepsis, segera pergi ke ruang gawat darurat untuk segera mendapatkan perawatan dan penanganan yang baik, dikarenakan sepsis ini sangat beresiko dan mengancam jiwa.

Source: healthline.com, webmd.com

Itulah tentang peringatan luka gangren pada diabetes melitus yang mengalami sepsis dan sangat beresiko. Semoga pembahasan dalam artikel ini bermanfaat dan salam sehat untuk semua.

Posted : www.pengobatanlukadiabetesgangren.com

Peringatan Luka Gangren Pada Diabetes Melitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *